Connect with us

Ketik yang Anda cari

Olahraga & Kesehatan

Kanker Leher Rahim dan Payudara Itu Mematikan!

Sosialisasi Bahaya Kanker Rahim dan Payudara di Bolo.

Sosialisasi Bahaya Kanker Rahim dan Payudara di Bolo.

Bima, Bimakini.- Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Bima menghadiri kegiatan Sosialisasi test Inspeki Visual Acetat (IVA) tentang Deteksi dini Kanker Leher Rahim dan Kanker Payudara yang dipusatkan di Gedung Sakinah Desa Rato Kecamatan Bolo pada Senin (19/9/2016). Hadir juga Pengurus Ikatan Bidan Indonesia (IBI),Camat Bolo,Ketua PKK Bolo,UPT PKM Bolo beserta jajarannya,UPT Dikpora Bolo serta Ibu-ibu yang berada disetiap Desa di Kecamatan setempat.

Ketua GOW Kabupaten Bima,  Rostiati SPd dalam sambutannya mengatakan, ini merupakan masalah besar buat perempuan dan merupakan angka kematian tertinggi di Kabupaten Bima. Kanker leher rahim dan kanker payudara adalah paling bahaya yang dihadapi saat ini.

“Melalui kegiatan ini diharapkan kepada semua bisa mencermati secara seksama bagaimana cara penanggulangan atau pencegahan terhadap kanker tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Pengurus Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Bima , Sri Juharni, SST, M.Kes  mengatakan, gerakan Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dan Kanker Payudara melalui pemeriksaan IVA ini tidak hanya dilakukan di Kecamatan Bolo saja, tapi di seluruh wilayah Kabupaten Bima. Tujuannya menurunkan angka Kanker Leher Rahim Dan Kanker Payudara yang menyumbang angka kematian tertinggi oleh Ibu-Ibu saat ini.

Dijelaskannya, untuk kanker leher rahim pencegahanya dengan imunisasi sebanyak tiga  kali pada perempuan yang belum menikah atau belum pernah melakukan hubungan seksual.  Bisa diberikan mulai usia 10 tahun. “Pencegahan berikutnya dengan melakukan pemeriksaan IVA secara berkala tiap tahun,untuk kanker payudara pencegahannya dengan melakukan Pemeriksaan payudara sendiri yang dilakukan tiap bulan setelah selesai menstruasi sekitar hari ke 7 sampai hari ke 10 menstruasi,” jelasnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Disarankannya, agar Ibu-ibu melakukan skrining kanker servisk secara rutin dengan berkonsultasi atau sekaligus pemeriksaan di PKM setempat. Melalui kegiatan ini, diharapkan para Ibu tergerak hatinya untuk melakukan pemeriksaan di PKM Bolo. (BK36)

Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

NTB

Mataram, Bimakini.- Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi NTB sangat serius menyikapi tingginya angka perempuan penderita kanker payudara. Untuk itu, salah satu program utama...