Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Ujian Bagi Guru Ada di Kelas, bukan…

wawoBima, Bimakini.- Seorang guru merupakan segalanya bagi siswa di sekolah. Seorang guru memang layak digugu ilmunya, digugu sikapnya, dan ditiru kemampuannya. Oleh karena itu, ujian seorang guru ada di ruangan kelas. Bukan pada  gaya dan penampilan di luar kelas.

Hal itu dikemukakan Kepala SMPN 1 Wawo, Mulyadin HAR, SPd, MPd, saat pertemuan dengan guru Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013  SMP Kabupaten Bima di SMPN 1 Wawo, Kamis (13/10/2016).

Seorang guru, kata Mulyadin, tidak boleh terlihat lemah di  depan siswa. Apalagi, terlihat lemah dalam keilmuan,  strategi mengajar, dan lainnya. Seorang guru sebelum masuk ruangan kelas telah merancang proses pembelajaran melalui pembuatan RPP.

“Itu dilakukan sebagai strategi pembelajaran agar tidak ngawur dan keluar rel saat mengajar,” ujarnya.

Pertanyaan selanjutnya, mampukah guru merancang, kemudian melaksanakan hingga mengevaluasi dirinya menjadi guru yang baik? Hal itu penting agar guru menyiapkan diri melalui pengaturan strategi. Mereka sudah merencanakan pada menit kesekian harus menyampai materi ini dan itu hingga menutup pembelajaran pada menit kesekian.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Jadi tidak ngawur dan keluar rel saat mengajar, hingga anak-anak sama sekali tidak mengetahui titik kelemahan guru mereka saat mengajar,” katanya.

Dia berharap melalui pendampingan itu, guru semakin memahami  Kurikulum 2013 dan mampu mengimplementasikan saat proses belajar-bengajar.

Hal senada dikemukakan Koordinator dan Instruktur Kurikulum 2013 Kabupaten Bima, Eddy Ilhamsyah, SPd. Kelemahan guru dalam Kurikulum 2013 adalah belum memiliki kemampuan yang sama dalam menyusun perangkat pembelajaran, sehingga masih ada guru yang meng-copypaste RPP guru lain.

Karena itu, katanya, tujuan pendampingan ini adalah memberdayakan guru agar bisa menyusun RPP sendiri. Sekaligus mampu mengimplementasikan dalam kelas sesuai dengan model pembelajaran yang dipilih.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Kita harapkan guru mampu menyusun RPP dengan baik dan benar,” katanya. (BK23)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Wawo, menggelar Workshop Model Pembelajaran Blended Learning dengan Edublog. Kegiatan yang berlangsung 13-14 Juli 2020 diikuti...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Jajaran Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Wawo, melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) bagi siswa kelas VII dan VIII Tahun Pelajaran 2019/2020....

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Wawo, jawara pada lomba cerdas cermat (LCC) se-Kabupaten Bima. Lomba untuk memeriahkan HUT RI 2019...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Ada kesan manis yang ingin dilakukan Organisasi Intra Sekolah (OSIS) SMPN 1 Wawo, saat momen indah melepaskan kepergian senior mereka yang mesti...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Pada Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019 SMPN 1 Wawo, punya keinginan besar untuk meningkatkan kualitas...