Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

FKUB Akui Rekomendasi Masjid Terapung belum Terbit

Ketua FKUB Kota Bima, Eka Iskandar, MSi

Kota Bima, Bimakini.- Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bima, Eka Iskandar Z, MSi, mengakui memang belum menerbitkan rekomendasi terhadap pembangunan rumah ibadah Masjid Terapung di kawasan laut Ama Hami.  Namun, menurutnya hal itu tidak ada masalah.

Dikatakannya, pemahamannya tentang SKB 2 Menteri Nomor 8 dan Nomor 9 Tahun 2006, Pasal 14 tentang pendirian Rumah Ibadat tidak harus ada dulu rekomendasi FKUB untuk bangun rumah ibadah, tetapi bisa menyusul. Artinya bisa sebelum, sedang atau sudah dibangun juga bisa dibuatkan rekomendasi. “Tidak harus saat rencana mau bangun, sudah bangun pun bisa diurus rekomendasi,” kata Eka di sekretariat FKUB, Jumat.

Katanya, ada prapembangunan, ada saat bangun ada pascapembangunan, saat itu  akan  melihat lokasi, apakah IMB-nya sudah ada, rekomendasi FKUB atau tidak kalau tidak dapat dibuatkan. “Artinya bisa kapan saja rekomendasi FKUB diterbitkan, tidak ada masalah,” ujarnya.

Diakuinya pula FKUB  menghadiri sosialisasi rencana pembangunan Masjid Terapung yang dilaksanakan oleh Pemkot Bima. FKUB pun tidak menyoal   rencana pemerintah membangun  di laut Ama Hami.

Menurut pertimbangan FKUB,   pembangunan rumah ibadah sangat urgen. Bukan saja masjid, tetapi rumah ibadah manapun, apalagi masjid. Keinginan pembangunan Masjid Terapung, terlepas sebagai Ketua FKUB, itu merupakan kebutuhan. Tetapi, harus berjalan seiring, pembangunan Masjid Agung Al-Muwahidin ada kepastian penyelesaian. Begitu pun Masjid Terapung.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Jika kawasan Ama Hami, Lawata, antara SPBU Ama Hami dan Lawata tidak ada mushala,  kadang ada motor tidak ada orang, maka harus direspons. “Pemahaman kami, keselarasan pembangunan rumah ibadah harus sebanding juga kurangi angka kemaksiatan,” katanya.

Walaupun Ibadah itukan hak pribadi masing-msing dan tidak ada pemaksaan, katanya, penting ada masjid dibangun di sana. “Sekarang kedai di sana ada, penjualan makanan ada,” katanya.

Dikatakannya, sesungguhnya pemerintah itu asas dalam pembangunan seimbang antara pembangunan ekonomi dan keimanan. Bahkan,  dalam tahapan sosialisasi mengusulkan agar menara dibangun setinggi-tingginya agar suara adzan dapat didengar sampai seberang laut.

“Tentunya manfaat lain nanti ada Masjid Terapung, warga selama ini kadang tidak mendengar adzan saat memasuki waktu shalat dapat tahu, terutama juga bulan Ramadan saat berbuka puasa,” tambahnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Selain itu, akan lebih bagus lagi saat memasuki wilayah Kota Bima yang religius disuguhi bangunan masjid yang indah.  Dengan demikian, akan menunjukkan cermin dari religiusitas warga Kota Bima. Namun, Eka mengaku tidak mau masuk dlam masalah proses anggaran yang dipersoalkan.

“Saya hanya bicara asas manfaat dari Masjid Terapung dibangun,” ujarnya. (BK32)

Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Jalan-jalan

Kota Bima berada di bagian timur Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Berada pada jalur emas wisata Indonesia, yakni Bali – Lombok – Labuan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Jelang idul Fitri, masjid terapung Kota Bima dipadati ribuan jamaah dari berbagai wilayah untuk sholat. Namun fasilitas seperti air untuk wudhu maupun...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Sedikitnya lima mega proyek di Kota Bima dengan angka nilai miliaran rupiah, kini dimulai dilidik oleh Kejaksaan Tinggi Negeri NTB awal...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kota Bima, Ririn Kurniawati mengatakan, bangunan masjid Terapung Ama Hami telah sesuai Maket dan perencanaan....

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Bentuk masjid Amahami yang menghabiskan anggaran Rp15 miliar dipertanyakan. Karena berbeda dengan Maket yang beredar selama ini. Wakil Ketua DPRD Kota...