Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Kesadaraan Bayar Pajak Kendaraan masih Rendah

Kepala UPTD Pelayanan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PPRD) Bima, Sabirin Alam, SE

Kota Bima, Bimakini.-  Kesadaran masyarakat Bima membayar pajak kendaraan masih rendah.  Berdasarkan data Kantor Unit Pelaksana Teknis (KUPTD) PPRD Bima, dari total 100 persen kendaraan di Bima yang terdaftar, yang Melakukan Daftar Ulang (MDU) di bawah 40 persen kendaraan. Sisanya masih banyak yang tidak melakukan daftar ulang (TMDU) kendaraan.

“Dari 100 persen kendaraan yang terdata, namun di bawah 40 persen yang telah membayar pajak, baik di Kota Bima maupun Kabupaten Bima,”  ujar Kepala Kantor Unit Pelaksana Teknis (KUPTD) PPRD Bima, Sabirin Alam, Senin (19/12) di Palibelo.

Diuraikannya,  angka di bawah 40 persen kendaraan yang bayar pajak, artinya kesadaran masyarakat terhadap kewajibannya masih rendah. Padahal, pihaknya berkeinginan menaikan target di atas 75 persen kendaraan yang membayar pajak.

“Namun, kita akan bekerja maksimal, minimal setiap tahun harus menargetkan ada peningakatan minimal 10 persen,’ jelasnya.

Kata dia, pihaknya sudah mendata kendaraan yang belum membayar pajak atau tidak melakukan daftar ulang pajak kendaraan bermotor pada setiap desa atau kelurahan. “Sebagai pilot  project,  kita sudah pendataan di Desa Ntonggu Kecamatan Palibelo. Masih banyak kendaraan yang belum daftar ulang,” terangnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Upaya pendataan setiap kelurahan dan desa ini, kata dia, merupakan kerjasama  dengan  Pemkot Bima dan Pemkab Bima. Untuk mendukung penelusuran kendaraan tidak melakukan daftar ulang, nanti akan diminta ikut serta penelusuran  Pemerintah Daerah.

“Karena sekitar 30 persen hasil pajak yang didapatkan untuk pembangunan Kabupaten maupun Kota Bima,” katanya.

Namun, dia keberatan melihat kendaraan plat luar daerah yang beroperasi di wilayah Bima, karena pihaknya merawat dan memelihara infrastruktur jalan menggunakan hasil pajak. Tetapi, seenaknya kendaraan plat luar menikmati pembangunan.

“Mari  mutasi kendaraan untuk membantu Pemerintah Daerah,  caranya  mencintai Bima dengan menggunakan plat Bima,” ajaknya. (BK34)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Sedikitnya 24 pengendara terjaring dalam razia Cipkon oleh Satgas Kamseltibcar Lantas OMB Polres Bima, pada Senin 27 November 2023 malam. Razia yang...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini. – Hindari  razia Satuan Lalu Lintas, sejumlah pengendara roda dua memilih melalui ‘jalur tikus’ di belakang Mapolres Bima. Namun, rupanya melewati jalur...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Banyak cara yang dilakukan pengendara roda dua maupun roda empat untuk menghindari sanksi tilang dari aparat Kepolisian. Hal tersebut seperti yang...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Satuan Lalu Lintas Polres Bima Kota menilang sedikitnya 6.142 unit kendaraan selama Januari awal hingga pertengahan Desember tahun 2020 ini. Pelanggar...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Razia kendaraan yang dilakukan Satuan Lalu Lintas Polres Bima Kota dan Kabupaten belakangan ini mendapat kritik dari masyarakat, karena kerap dilakukan di...