Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Peserta Diklat In-1 Program Keahlian Ganda Kunjungi Bima TV

Kunjungan Peserta Diklat Keahlian Ganda di Studi BimaTV, Jumat.

Bima, Bimakini.- Peserta Diklat In-1 Program Keahlian Ganda paket keahlian Tehnik Komputer dan Jaringan (TKJ) Pusat Belajar SMKN 2 Bima berkunjung ke Bima TV, Jumat (7/4/2017). Tujuannya ke salah satu industri Televisi Penyiaran di Bima, untuk melihat dan mengaplikasikan teori yang dipelajari dan relevansi di dunia kerja.

Peserta diterima Owner Bimeks Group, Ir Khairudin M Ali, Diraktur Program, Khairun Muhammad dan Produser, Sofiyan Asy’ari. Peserta mengajukan sejumlah pertanyaan tentang bagaimana mekanisme kerja televisi hingga dapat diterima pemeriksa.

Tidak hanya itu, peserta ingin mengetahui dengan detail, permasuk juga jenis perangkat keras dan lunak yang digunakan dalam mengoperasikan televisi.

Salah satu peserta Diklat Arifin, S. Pd menjelaskan, kunjungan industri merupakan rangkaian kegiatan pada program keahlian ganda. Peserta harus turun langsung ke industri, supaya dapat melihat pengaplikasian teori yang di pelajari selama ini.

“Kami sudah pelajari beberapa teori di SMKN 2 Bima dengan bimbingan pembimbing ditunjuk Kementian Pusat, materi tersebut harus memiliki relevansi aplikasi di dunia kerja sebenarnya,” jelasnya.

Kata dia, kegiatan ini salah satu upaya guru yang mengikuti keahlian ganda, untuk mengetahui tentang kegiatan dunia industri dan dunia usaha berkaitan dengan tehnik komputer jaringan. Pada saat diklat siswa tidak lagi diajarkan materinya saja, namun proses pelaksanaannya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Apalagi siswa si SMK siap bekerja di dunia kerja nanti. Tapi hasil kunjungan ini akan diterapkan lagi ke siswa agar tidak menerima materi saja,” ungkapnya.

Program ini, kata dia, dilaksanakan serentak se Indonesia dan di Bima terpilih SMKN 2 Bima sebagai pusat kegiatan pembelajaran. Rangkaian kegiatan paket keahlian TKJ ini, diantaranya ada On-1, belajar mandiri dibimbing oleh pembimbing ditunjuk langsung Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. In-1, selama dua bulan dilaksakana di SMKN 2 Bima melibatkan guru seluruh NTB mengambil jurusan keahlian TKJ. “Untuk kelas TKJ melibatkan empat SMK yang berasal Kota Bima, Dompu, Kabupaten Bima akan berlajar selama 2 bulan di SMKN 2 Bima,” katanya.

Proses selanjutnya, kata dia, memelajari  On-2 dan In-2. Nantinya  akan diujikan untuk menentukan sertifikat keahlian ganda.

Kepala SMKN 2 Bima, Fathur Rahman, ST menyampaikan apresiasi kepada Bima TV yang telah memberi kesempatan untuk berkunjung dana mendapat penjelasan mengenai mekanisme kerja di industri televisi. (BK34)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

CATATAN KHAS KMA

INI  hanu yang  kedua. Soal menyatukan energi positif. Soal penyaluran ide-ide, juga soal panggung yang punya daya magis. Bicara berserakan sendiri-sendiri, jelas tidak efektif,...

CATATAN KHAS KMA

SAYA harus sering tulis soal ini. Siaran televisi digital. Ini penting, supaya migrasi dari analog ke digital, bisa berjalan sukses. Literasi televisi digital masih...

CATATAN KHAS KMA

KALI ini soal ASO. Bukan SO yang ramai di medsos itu. Kepanjangannya ada di judul. Di kalangan praktisi dan pemerhati lembaga penyiaran, tahu ini....

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Dua siswa SMKN 2 Bima dikeluarkan, karena  terlibat perkelahian dan membawa senjata tajam. Karena membahayakan warga sekolah, sehingga dua siswa kelas XII...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Siswa MTs/MAK Az Zainuddin, Kalaki, Desa Panda, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima, berkunjung ke studio Bima TV. Kunjungan tersebut untuk mengetahui bagaimana...