Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Pelaku Curanmor Didominasi Anak di Bawah Umur

Kasi Pidum Kejari Raba Bima, Ronal T Mendofa

Bima, Bimakini.- Selama bulan Januari hingga Juni 2017 ini kasus Pencurian Sepeda Motor (Curanmor) yang terjadi di wilayah Kota Bima maupun Kabupaten Bima mencapai . Ironisnya, diantara para pelaku Curanmor  tersebut rata-rata berusia masih dibawah umur.

Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Raba Bima,  Ronal T Mendofa yang ditemui di ruang kerjanya,  mengatakan kasus Curanmor yang terjadi mulai Januari sampai Juni tahun ini cukup meningkat. “Pelakunya ada yang dewasa dan anak-anak, ” ucapnya,   Rabu (5/7/2017).

Meski belum bisa dirincikan kasus yang terjadi dalam rentan waktu tersebut, namun dipastikannya setiap bulannya lima  hingga tujuh  kasus Curanmor.  “Yang paling meningkat terjadi pada bulan Mei. Sebelum lebaran ini, ” tuturnya.

Dari jumlah kasus per bulan tersebut,  kata dia,  didominasi oleh pelaku usia dibawah umur. “Sekitar 60 persen pelakunya dibawah umur, ” ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan,  lanjut dia,  rata-rata para pelaku dibawah umur melakukan Curanmor untuk pertama kalinya.  “Mereka semacam iseng melakukannya. Dan ada juga karena disuruh sama yg dewasa, ” tuturnya lagi.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Selain itu,  lanjut dia, faktor lain yang pengaruhi anak dibawah umur melakukan kejahatan Curanmor ada juga disebabkan faktor kebutuhan. “Dari pengakuannya, mereka diupah rata-rata 10 ribu sampai 50 ribu dalam setiap kali aksi,” ungkapnya.

Para pelaku Curanmor di bawah umur diadili dengan sistim peradilan anak. Sementara pelaku yang dewasa diadili dengan hukum acara KUHP.

Ia menghimbau pada warga masyarakat agar selalu mengawasi anak-anaknya, terutama yang masih dibawah umur, saat mereka melakukan pergaulan.

“Rutin mengawasi anak-anaknya saat bergaul.  Diliat siapa temannya bergaulan. Jangan sampai bergaul dengan kelompok-kelompok yang terindikasi melakukan Curanmor,” himbaunya. (BK39)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Peringatan untuk tidak sembarangan membeli barang berharga tanpa jelas asalnya. Lantaran membeli motor curian, lima orang diduga penadah diamankan Tim Puma...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.-  Tim PUMA I Polres Bima Kota, di bawah pimpinan Katim PUMA Aiptu Abdul Hafid, S.H., berhasil mengamankan 1 terduga pelaku dan...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Tim Puma I Polres Bima Kota menggulung komplotan pencurian kendaraan bermotor. Pelaku dan penadah diamankan, Rabu 24 Januari 2024. Diamankan juga...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Ulah kriminal seorang remaja berinisial AS (16) di Kota Bima mencuri perhatian setelah membawa kabur sepeda motor milik korban. Sebelumnya korban...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.-  Perburuan terhadap DPO spesialis pencurian sepeda motor, BP (17), akhirnya berbuah hasil setelah Tim Puma 1 Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim)...