Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Rencana Penerapan Satu Jalur Kendaraan Dimatangkan

Inilah skema rute satu jalur yang akan diujicoba oleh Dishub Kota Bima dalam beberapa waktu ke depan.

Kota Bima, Bimakini.- Rencana penerapan satu jalur di jalanSoekarno-Hatta dan Gajah Mada Kota Bima, terus dimatangkan. Rencana sosialisasi dan percobaan masih menunggu  persiapan maksimal agar tidak ada kendalalapangan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bima, Ir H Julkifli, Kamis (24/08/2017) mengatakan encana penerapan satu jalur pada ruas jalan Kota Bima saat ini memang sedang dimatangkan rencananya.Banyak kajian perlu masih dilakukan untuk memaksimalkan penerapannya. Termasuk sebelum masa percobaan yang memang belum dipastikan kapan waktunya.

“Kalau untuk kepastian rencana sudah, hanya saja kita masih mematangkan persiapannya. Selain itu, beberapa kajian agar nanti tidak ada masalah,”  ujar Julkifli di Dishub.

Dikatakannya,  untuk masa percobaan sampai ditetapkan aturan penerapan satu jalur, semua sarana pendukungseperti  aturan sampai sarana fisiknya harus   lengkap. Untuk itu, Dishun tidak harus terburu-buru segera mencobanya.

Diakuinya, kegiatan yang sedang dilakukan saat ini adalah persiapan  sosialisasi awal kepada masyarakat secara massif. Termasuk dukungan anggarannya juga masih ditunggu agar segera dilaksanakan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Rencana satu jalur yang akan diujicoba itu adalah jalan Soekarno-Hatta hanya dilalui kendaraan mengarah ke Barat saja. Dimulai dari jalan depan lapangan Pahlawan Raba sampai persimpangan kompleks pasar raya, dilanjutkan belok kiri ke arah terminal Dara. Itu masih rangkaain satu jalur.

Sementara untuk belok kanan dari persimpangan pasar raya BIma (rambu lampulalu lintas) diarahkan satu jalur ke Utara. Kemudian dilanjutkan satu jalur ke arah Timur. Mulai dari jalan Sultan Hasanudin masuk jalan Gajah Mada ke Timur sampai di perempatan  lapangan Pahlawan Raba.
Jalur di seputar TamanRia, akan diarahkan pada jalan bagian Selatan untuk ke Barat, sementara di depan PLN menjadi jalur memutar.
Dari arah pasar Ama Hami satu jalur sampai di samping Terminal Dara, kemudian diarahkan ke Barat masuk jalur jalan Padolo 2 tembus Pasar Lama. Begitu pun didepan Pasar Ama Hami bisa ke Padolo 3 seterusnya.“Seperti itu gambarannya dan kalau tidak ada kendala akan segera  diujicoba. Namun, kapan waktu pastinya belum ditentukan,” ujarnya.
Diakuinya, rencana penerapan satu jalur itu bukan tiba-tiba langsung dilakukan, banyak pertimbangan yang ditelaah. “Termasuk upaya pemerintah melalui rekayasa lalu lintas ini,sejumlah titik jalan yang selama ini sepi dari aktivitas ekonomi akan ramai imbas dari penertapan satu jalur,” katanya.
Contoh jalan arteri biasanya hanya dilalui sedikit kendaraan. Saatnya nanti akan ramai,karena kebutuhan untuk memutar jalur. Imbasnya seperti di Pasar Penaraga akan ramai oleh lalu lintas kendaraan, sebab hanya satu jalur jalan didepannya yaitu ke arah Timur. “Ini pertimbangan sisi pengembangan ekonominya,” jelasnya.
Begitu pun bayak jalan arteri lainnya, Penatoi, jalan GatotSubroto, dan jalan  samping PLN. Selain itu,sejumlah jalan arteri lainnya yang memang vital nantinya karena dibutuhkan saat penguna jalan akan mengambil jalur arah sebaliknya.
Katanya, pemerintah mengharapkan  masyarakat akan mendukung penuh langkah penerapan satu jalur ini. Kalau pun ada  masukan dari masyarkat, nanti bisa dilakukan saat ujicoba.
“Pemerintah membuka masukan dan saran sebelum penerapan penuh terhadap rencana satu jalur,”  demikian Julkifli. (BK32)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Pemerintah Kota (Pemkot) Bima telah menetapkan lokasi Car Free Day (CFD) setiap pekannya di jalur depan  Kantor Wali Kota Bima, hingga ...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Hari kedua, Selasa (22/6) pagi Dinas Perhubungan bersama Organda dan Jasa Raharja kembali melakukan penertiban terhadap angkutan Kota (Angkot) yang memarkirkan...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Tim gabungan terdiri dari Dinas Perhubungan, Organda, Sat Lantas Polres Bima-Kota dan Jasa Raharja, Senin (21/6) pagi melakukan penertiban terhadap angkutan...

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini. – Tim terpadu, Senin (21/6) pagi menertibkan angkutan umum antar kota yang kerap mangkal liar disejumlah titik di Kota Bima. Saat...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini- Rupanya masih ada armada Bus tak memiliki garasi dan masih memarkir kendaraan disejumlah badan jalan. Untuk itu, Kamis (17/6) DPC Organda...