Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Waspadai Angin Kencang hingga 31 Januari 2018

Angin kencang yang menyebabkan atap rumah warga Donggo rusak.

Bima, Bimakini.- Masyarakat diminta mewaspadai angin kencang yang berpotensi terjadi di wilayah Bima dan Dompu. Kondisi itu dieprkirakan terjadi tiga hari ke depan mulai  pagi hingga malam hari. Kecepatan angin mencapai nilai maksimum hingga 50 km/jam.

Kepala BMKG Bima, Topan Primadi menjelaskan, potensi peningkatan kecepatan angin terjadi dari tanggal 29 hingga 31 Januari 2018. Umumnya di wilayah NTB, khususnya Bima dan Dompu.

Peningkatan kondisi kecepatan angin di wilayah NTB, kata dia, disebabkan adanya gradien tekanan udara yang besar. Sementara posisi matahari saat ini berada di sebelah selatan Equator. Kondisi tersebut mengakibatkan terbentuknya daerah tekanan rendah yang berada di Selatan Equator tepatnya di daratan Utara Australia.

Lanjutnya, rata-rata tekanan udara saat ini di wilayah equator Indonesia berkisar pada nilai 1008hPa. Kemudian tekanan rendah yang terbentuk di daratan Utara Australia saat ini mencapai nilai 992 hPa.

“Selisih tekanan udara yang besar, memicu peningkatan kecepatan angin pada daerah yang dilaluinya,” ujar Topan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ditambahkannya, pergerakan angin datang dari Laut Cina Selatan (BBU), bergerak menuju wilayah equator. Menuju wilayah perairan sekitar Bangka Belitung. Kemudian berbelok kearah timur dan mengalami peningkatan kecepatan saat melewati wilayah Jawa, Bali, NTB dan NTT.

“Dekatnya posisi NTB dengan pusaran pusat tekanan rendah, menjadi pendukung peningkatan kecepatan angin yang terjadi di sekitar wilayah NTB,” tuturnya.

Ia mengimbau masyarakat agar lebih waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan. Seperti pohon tumbang dan juga peningkatan tinggi gelombang mencapai ≥ 2 meter. Di Selat Lombok, Selat Alas, Selat Sape, Perairan Utara dan Perairan Selatan NTB.

“Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini BMKG wilayah Bima, dapat membuka layanan informasi cuaca 24 jam dan dapat menghubungi kami juga,” pungkasnya. (IAN)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Angin puting beliung yang terjadi di Desa Bajo, Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima, Sabtu (9/4), sekitar pukul 16.30 Wita mengakibatkan puluhan rumah warga...

Opini

Oleh : Afriyas Ulfah,SST ( Forecaster and Observer Iklim BMKG NTB) Wilayah Bima merupakan wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang terletak di ujung...

Opini

Oleh :  Anas Baihaqi, S.P. Sebagaimana dimaklumi bahwa Indonesia adalah negara yang terletak di kawasan garis lintang 0o atau yang biasa dikenal dengan garis...

Opini

Oleh : Afriyas Ulfah,SST (Forecaster and Observer Iklim BMKG NTB) Pada akhir bulan Maret 2021 Stasiun Klimatologi Lombok Barat NTB telah melakukan diseminasi informasi...

Opini

Oleh : Afriyas Ulfah,SST ( Observer dan Forcaster Iklim BMKG NTB) Masih sangat hangat perbincangan tentang Siklon Tropis “Seroja” yang menghantam wilayah Nusa Tenggara...