Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Wasops Mabes Polri Harapkan Pilkada Damai

Tim Pengawas Operasi (Wasops) dari Mabes Polri Kombes Pol Desak P Puspawati SIK (tengah) saat berkunjung ke kantor KPU Kota Bima, Selasa (6/3).

Kota Bima, Bimakini.- Tiga Tim Pengawas Operasi (Wasops) Mabes Polri, Selasa (6/3) siang berkunjung ke kantor KPU Kota Bima. Kehadiran mereka untuk memastikan semua tahapan pelaksanaan Pilkada berjalan aman dan lancar.

Ketua Tim Wasops Mabes Polri, Kombes Pol Desak P Puspawati SIK  meminta, agar semua pihak memegang teguh komitmen Pilkada damai. Mulai dari penyelenggara, pengawas, pasangan calon, masyarakat dan juga aparat keamanan.

Dijelaskannya, kunjungan tersebut dalam rangka pengawasan operasi terhadap daerah yang melaksanakan Pilkada serentak tahun 2018. Salah satunya Kota Bima. “Kami mengunjungi lokasi yang menjadi pos pengamanan yang ada di wilayah hukum Bima Kota. Salah satu yang kami kunjungi adalah kantor KPU Kota Bima,” jelasnya.

Berdasarkan penjelasan Ketua KPU Kota Bima, Desak mengaku semuanya berjalan lancar dan baik. Mulai dari pertemuan dan konsolidasi dengan tim Paslon, tahapan kampanye yang terus berjalan. Baik kampanye dialogis maupun pertemuan terbatas.

Diharapkannya Paslon mampu menjaga solidaritas dan menjaga kedamaian. Sehingga tidak ada persoalan yang perlu diperdebatkan lagi. Siapapun yang menang, itu merupakan yang terpilih.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Paslon juga diharapkan untuk menahan para pendukung, agar tidak melakukan hal – hal yang mengarah pada konflik,” tegasnya.

Desak P Puspawati mengibaratkan, Pilkada adalah sebuah permainan. Semua Paslon pasti mengharapkan untuk menang. Namun dalam sebuah permainan, pasti akan ada yang menang dan kalah. Semua pemain menurutnya, harus siap menerima kekalahan dan kemenangan itu.

“Walaupun selisihnya sedikit, jangan menjadikan itu sebagai sebuah persoalan. Itu adalah pilihan dan harus diterima apa adanya,” ujarnya.

Ditegaskannya, keamanan negara bersumber dari keamanan diri sendiri dan lingkungan serta organisasi. Masa pendukung masing – masing Paslon harus mampu menjaga soliditas dan harus siap kalah maupun menang. “Upayakan semua pegang komitmen siap damai,” tegasnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Desak P Puspawati berharap, kegiatan debat Paslon berjalan aman sesuai dengan yang diharapkan. Sebagai penyelenggara, KPU diingatkan untuk bersikap adil, menjaga netralitas dan jaga soliditas.

Sementara untuk petugas keamanan, Polri dibantu TNI harus tetap menjaga soliditas dan menjalin hubungan kerja yang baik. Menjaga keamanan semaksimal mungkin, agar tidak terjadi gesekan – gesekan dan bersikap netral.

“TNI Polri tidak boleh memihak ke siapapun. Jaga kedamaian masyarakat di sini, agar Kota Bima tetap menjadi kota yang aman dan damai,” pungkasnya. (IAN)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Ketua KPU Kota Bima,  Bukhari, SSos meminta jangan ada pembunuhan karakter terhadap dirinya.  Tudingan  bawah dirinya menerima suap dari salah satu...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Massa dari Gerakan Masyarakat Pilkada Jujur dan Adil Kota Bima, menyorot adanya dugaan tidak independennya lembaga penyelenggara, yakni KPU dan Panwaslu....

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Bima, menerima laporan dugaan tindak pidana pemilihan (Tipilih). Laporan itu disampaikan Al Imran, selaku kuasa...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Data C1 dari 249 TPS sudah masuk ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima. Data C1 itu langsung dimasukkan dalam webside...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Hasil rekepitulasi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Mpunda,  Pasangan Calon (Paslon) Lutfi-Feri unggul dibandingkan paslon lainnya. PPK  Mpunda termasuk cepat melakukan rekepitulasi...