Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Buka Bersama, Cara IJTI dan JOIN Pupuk Kebersamaan AntarJurnalis

Mataram, Bimakini.- Sejumlah jurnalis anggota Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) dan Jurnalis Online Indonesia (JOIN) perwakilan Nusa Tenggara Barat (NTB), menggelar kegiatan diskusi ringan yang dirangkai dengan buka puasa bersama, Rabu (6/6), di Sektretariat JOIN NTB, di Mataram.

Sekretaris JOIN NTB, Amrin mengatakan, kegiatan yang digelar sederhana itu selain menjadi ajang diskusi seputar dunia jurnalistik di NTB, juga dilakukan sebagai wadah silahturahmi yang mempererat kebersamaan antar Jurnalis di NTB.

“Kegiatan ini sebagai bentuk kebersamaan antar Jurnalis sekaligus memperkuat silahturahmi di bulan Ramadhan. Apalagi teman-teman ini kan biasa liputan di pos-pos berbeda yang jarang bertemu,” katanya.

Menurut Amrin, ke depan kegiatan-kegiatan seperti ini akan rutin digelar. Sebab, dari diskusi-diskusi ringan antar sesama Jurnalis seperti ini ternyata memunculkan banyak ide dan gagasan tentang kontribusi pers bagi pembangunan daerah, khususnya di NTB ini.

Dalam diskusi ringan bertema “Peran Pers dalam Pembangunan NTB”, itu para jurnalis menyampaikan sejumlah ide dan gagasan yang menarik.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Misalnya, tentang penguatan fungsi kontrol pers terhadap pelayanan publik di NTB, dan bagaimana pers turut mempromosikan potensi pariwisata di daerah ini.

Diskusi juga membahas tentang kontrol dan penerapan etika jurnalistik, serta bagaimana IJTI dan JOIN sebagai organisasi pers ke depan, bisa terus menerus melakukan pengembangan kapasitas jurnalis melalui kegiatan pelatihan jurnalistik yang berkesinambungan.

Ketua IJTI NTB, Riadis Sulhi mengatakan, kegiatan-kegiatan diskusi ringan antar sesama jurnalis harus mulai dibudayakan di NTB ini.

Sebab, bagaimana pun pers merupakan salah satu pilar terpenting dalam pembangunan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Dengan diskusi-diskusi yang ringan seperti ini, kita bisa sharing pengalaman. Dan diharapkan akan muncul persamaan-persamaan persepsi

antar para Jurnalis dalam menyikapi sebuah isu pemberitaan,” katanya.

Tapi lebih dari itu, papar Riadis, ajang seperti ini sangat bermanfaat untuk mempererat silahturahmi dan kebersamaan teman-teman.

“Dari media mana saja, dan dari organisasi mana saja, karena fungsi  dan tugas kita sama dan sama-sama memikul tanggungjawab sebagai pilar pembangunan,” katanya. (pur)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Peristiwa

Mataram, Bimakini.- Memaknai momentum Bulan Suci Ramadan 1439 H dengan aktivitas yang bernilai ibadah, puluhan pekerja media yang tergabung dalam organisasi Ikatan Jurnalis Televisi...

NTB

Mataram, Bimakini.- Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Perwakilan Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menggelar buka puasa bersama anak yatim, dan diskusi jurnalistik di bulan Ramadhan...