Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

270 KK Miskin di Rade dapat Bantuan dari Dana Desa

Bima, Bimakini.- Untuk mengakomodir warga miskin yang tidak mendapatkan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bansos Rastra yang bersumber dari pemerintah pusat, Pemerintah Desa (Pemdes) Rade, Kecamatan Madapangga membuat terobosan baru. Menggunakan alokasi anggaran bersumber dari Dana Desa untuk membantu.

Sehingga sebanyak 270 Kepala Keluarga (KK) yang tergolong hidup di bawah garis kemiskinan mendapatkan beras masing masing 10 kg.

“Warga yang tidak terinfentaris dalam data PKH dan Rastra cukup banyak. Sehingga warga miskin lainnya harus disentuh melalui alokasi dana desa yakni pada item pemberdayaan,” ujar Sekretaris Desa (Sekdes) Rade, Amirudin, SPd, Selasa (19/2).

Kata Sekdes, 270 KK yang dapat beras tersebut sebelumnya didata oleh masing-masing Ketua RT. Selanjutnya data tersebut dikoordinasikan dengan Kepala Dusun (Kadus) serta disepakati bersama dengan lembaga desa.

“Pendataan dilakukan sebulan sebelumnya penyaluran beras. Sedangkan penyaluran dilakukan hari ini (Selasa 19/2, red),” ujarnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Sementara itu, Pj Desa Rade, Syafrudin menjelaskan, sumber anggaran pengadaan beras bagi warga miskin yang tidak tercakup dalam program PKH dan Rastra yakni bersumber dari dana desa tahap III Tahun 2018.

“Sumber anggaran yakni melalui dana desa Tahap III Tahun 2018,” ucap Syafrudin.

Lanjut dia, idealnya penyaluran beras dilakukan akhir Tahun 2018. Tapi karena menunggu proses penyaluran Rastra oleh Bulog, maka baru direalisasikan.

“Penyaluran beras bagi 270 KK tergolong miskin tersebut sengaja diundur. Karena kuatir penerima Bansos Rastra akan dobel menerima bantuan,” jelasnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Kata dia, dari 18 RT, masing-masing 15 KK yang terdata untuk mendapatkan bantuan.

Saat penyaluran, Pemdes didampingi unsur keamanan.

“Kita berharap penerima manfaat bisa menggunakan bantuan tersebut sebaik mungkin. Kita juga berharap jangan melihat jumlahnya karena yang namanya bantuan tidak akan banyak,” pungkasnya. (YAN)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Desa Rade, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, sudah menjadi langganan krisis air bersih ketika masuk musim kemarau. Karena masalah tidak kunjung mampu di...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE dan Wakil Bupati Bima, Drs H Dahlan M. Noer menghadiri Pelantikan Pengurus Organisasi Kemasyarakatan (OK),...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Belasan warga yang tergabung dalam Ikatan Pemuda Rade Satu (Iparasa) Desa Rade mendesak transparansi anggaran kegiatan fisik pagarnisasi desa setempat. Karena dalam...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Ketua BPD Rade enggan menerima SK pengesahan dari Pemerintahan Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, NTB. Hal itu karena pihak Pemerintah Kecamatan tidak melayangkan...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Pemerintah Desa (Pemdes) Rade Kecamatan Madapangga membantu warga miskin pasang listrik gratis. Total warga yang dibantu sudah mencapai 58 KK. Yakni melalui...