Pemerintahan

Pemilihan BPD, Camat Bolo Ingatkan Jaga Kamtibmas

Camat Bolo, Mardianah, SH

Bima, Bimakini.- Sesuai keputusan Bupati Bima Nomor: 188.45/536/06.16. Tahun 2019 tentang penetapan tahapan kegiatan pelaksanaan Pengisian Keanggotaan BPD serentak Tahun 2019. Mulai Jum’at (30/8) hingga Rabu (18/9) yakni tahapan pemilihan BPD.

Camat Bolo, Mardianah, SH, mengingatkan seluruh lapisan masyarakat agar tetap menjaga Kamtibmas. Hal itu perlu dilakukan agar terwujudnya pesta demokrasi BPD yang aman dan tertib.

Kata Camat, sukses dan tidaknya pemilihan BPD tergantung sungguh kesadaran kita. Karena yang menjadi penyelenggara adalah warga di desa masing masing, begitu pun proses pemilihan dilakukan oleh warga setempat.

“Pemilihan BPD tidak boleh diintervensi oleh siapa pun. Siapa pun yang terpilih, mereka adalah perwakilan yang terbaik yang mampu menyampaikan aspirasi warga,” ujarnya.

Apabila ditemukan masalah sekecil apapun,  diharapkan Camat, masyarakat dapat menyelesaikannya secara kekeluargaan. Sebab jika tidak, masalah kecil apa pun bisa menjadi besar bilamana diselesaikan secara emosi dan kekerasan.

“Momentum pemilihan BPD ini harusnya dijadikan ajang untuk melaksanakan demokrasi yang jujur, adil dan transparan. Sehingga apa yang diharapkan bisa terwujud nyata,” ucapnya.

Dia tidak menginginkan masyarakat  menyelesaikan persoalan dengan kekerasan dan anarkis. Sebab, cara-cara tersebut dapat mengganggu Kamtibmas serta melanggar hukum sehingga menciptakan instabilitas wilayah.

“Siapa pun yang menang adalah pilihan bersama. Jika pola tersebut bisa diterapkan, yakin dan percaya semua akan baik baik saja,” ujarnya.

Jika ada gangguan Kamtibmas, masyarakat harus pro aktif untuk menyelesaikannya. Atau paling tidak laporkan ke polisi jika terindikasi munculnya kericuhan atau kegaduhan.

“Jika tidak bisa selesaikan masalah. Masyarakat lebih baik lapor ke polisi, sehingga bisa ditindaklanjuti sesuai hukum yang berlaku,” tutupnya. (KAR)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top