Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

H Arifin, Anak Petani yang Ingin Industri Pertanian di Bima Maju

H Arifin saat disambut di Bandara Bima, Rabu.

Bima, Bimakini.- Anak petani asal Kecamatan Wera, H Arifin menyatakan keseriusannya ikut dalam Pilkada Kabupaten Bima. Apalagi pernah menjadi Sekda Jakarta Timur, menguatkannya membangun daerah.

Saat tiba di bandara Sultan Salahuddin Bima, Rabu (24/6), H Arifin disambut tim dan relawan. Dia menyampaikan alasannya kembali ke tanah kelahiran setelah 40 tahun lebih menjadi ASN di Ibu Kota Negara.

“Kedatangan saya hari ini untuk memulai langkah awal dan bertemu dengan rakyat membangun Kabupaten Bima lebih maju dan religius disegala bidang,” ungkapnya.

Sebelumnya banyak terlibat dalam membangun kota Jakarta. Kini saatnya membangun tanah kelahiran dengan maju menjadi calon Bupati Bima. Keinginannya agar di Bima ada perubahan lebih baik bagi daerah dan masyarakat.

“Harus ada perubahan dalam memimpin Kabupaten Bima, tidak saja pembanguna fisik, juga memberikan pelayanan dalam kepada masyarakat,” ujarnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dia melihat masih ada kekurangan di daerah ini. Yakni pembangunan bidang pertanian. Masih terjadi kekurangan pupuk, infrastruktur belum memadai.

“Padaha kita tahu bersama kalau di bangun dengan perencanaan yang matang, maka sektor pertanian di Kabupaten Bima akan lebih maju dan menyejahterakan rakyat,” ungkapnya.

Infrastruktur pendukung sektor pertanian seperti Dam, irigasi, embung, kata H Arifin, perlu menjadi perhatian serius guna mendukung peningkatan penghasilan petani. Masalah pupuk dan modal serta tekhnologi perlu an dukungan kuat dari pemerintah. Dengan demikian rakyat Kabupaten Bima yang sebagian besar petani akan merasakan dampaknya peningkatan produksi.

“Saya anak petani, saya tahu sulitnya, maka saya kembali untuk membangun Kabupaten Bima dengan biat pengabdian,” tegasnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Katanya, selain bidang pertanian dan pelayanan, ada beberapa hal yang ingin dilakukan jika sudah terpilih nanti. Pertama, aspek religius. Ini penting diutamakan, karena menjadi pondasi dasar sikap seorang manusia. Bahkan dirinya, ingin menggelar sholat subuh berjamaah dan terus dibudayakan.

Sholat subuh berjamaah disetiap desa perlu dilakukan guna membangun komunikasi dengan rakyat dan mengetahui langsung apa kendala dihadapi. Pun dalam rangka pendekatan langsung guna meminimalisir seringnya muncul masalah sosial, ketertiban dan keamanan.

“Setelah religius, perubahan lain, menata sektor pembangunan dipelbagai bidang. Itu dilakukan secara terkonsep. Seperti perubahan di birokrasi, ketertiban dan keamanan dan sistem pelayanan yang harus lebih maksimal,” ujarnya.

Dengan jam terbang tinggi di birokrasi, H Arifin juga mengungkapkan bagaimana perannya saat menjadi Sekretaris Daerah Pemerintah Jakarta Timur. Pengalaman yang menjadi prestasi untuknya yakni menyelesaikan proses pembangunan kanal timur yang menelan anggaran triliunan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dengan beragamnya dinamika masyarakat waktu itu, dia terus membangun komunikasi dan koordinasi dengan masyarakat agar bisa tuntas dengan membebaskan ratusan ribu hektar lahan. “Masalah pembangunan kanal timur itu pun selesai berkat komunikasi dan koordinasi yang maksimal,” terangnya.

Kata dia, begitu juga masalah pembangunan yang harus dilakukan di Kabupaten Bima. Selain terus mengedepankan komunikasi dan koordinasi, program yang diusulkan dari bawah ke atas juga perlu dikawal dan ditindaklanjuti dengan serius. Guna memastikan usulan dari masyarakat ini bisa diketahui. (DED/Adv)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Bima, Bimakini.- Politisi kawakan Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Bima Muhammad Aminurlah menatap optimis pemilihan kepala daerah mendatang. Pengalaman tiga periode di DPRD Kabupaten...

Politik

Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima, akan menyeleksi ulang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk pemilihan Bupati dan...

Politik

Bima, Bimakini.- Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 resmi dilaunching oleh KPU RI, Minggu (31/3) malam di area Candi Prambanan, Yogyakarta. Hadir Ketua...

Politik

Bima, Bimakini.- Aliansi Mahasiswa Peduli Indonesia (AMPI) akan menggelar diskusi publik tentang demokrasi di Bima, di Suhendar Coffee (Penatoi Kota Bima), Jumat 28 April...

Politik

Bima, Bimakini.- Wakil Bupati Bima, Drs H Dahlan M Noer, MPd, menggelar syukuran sekaligus memberikan penghargaan pada tim pemenangan IDP-Dahlan yang sukseskan meraih suara...