Pendidikan

Perpustakaan Keliling Jadi Sekolah Alternatif Anak KPM PKH

Kegiatan perpustakaan keliling untuk anak-anak KPM PKH.

Bima, Bimakini.-  Memasuki new normal dampak dari Corona Virus Desease 2019 (Covid-19), Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) memogramkan perpustakaan keliling sebagai sekolah alternatif anak Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Perpustakaan keliling yang diprogramkan oleh Pendamping PKH, merupakan sekolah alternatif bagi anak KPM PKH, selama masa new normal. Pelaksanaan pun dijadwalkan sepekan sekali, yaitu setiap Kamis sore. “Tugas utama sebagai Pendamping PKH tetap diutaman. Melakukan pemutahiran perubahan data terkini, validasi Calon Keluarga Pemerima Manfaat (CKPM) 2020, dan mendampingi ahli waris dalam proses pengambilan sisa bantuan,” kata pendamping PKH Kecamantan Donggo yang bertugas di Desa Mbawa, Kecamatan Donggo, Kabupaten Bima, Adipati, Kamis (6/8).

Lanjutnya, tempat kegiatan ditiap dusun. Di Dusun Mangge, Desa Mbawa ditempuh menggunakan sepeda motor dengan jarak sekitar 11 kilometer. “Membawa perlengkapan bacaan seadanya yang diperoleh sumbangan dermawan luar daerah,” tuturnya.

Kata dia, ini menjadi rutinitas yang sudah ditentukan. Karena anak-anak KPM PKH miliki hak belajar meskipun sekolah menerapkan KBM terbatas. “Kegiatan berlangsung 30 Menit untuk mengajarkan abjat bagi yang belum mengenal huruf dan angka dengan terget menanamkan kesadaran membaca sejak dini. Keterlibatan pihak keluarga, juga sangat dibutuhkan,” terangnya.

Kata Dipati, persiapan hadapi HUT RI 17 Agustus, anak-anak juga akan dibidik khusus untuk menghafal Pancasila dan Teks Proklamasi sebagai bentuk kecintaan pada NKRI. “HUT RI 17 Agustus mendatang, akan menyelenggarakan lomba hafal Pancasila Dan Teks Proklamasi orang tua dan Anak KPM PKH Di Desa Mbawa,” imbunya. (BE10)

Share
  • 61
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top