Connect with us

Ketik yang Anda cari

Olahraga & Kesehatan

Komisi IV Evaluasi RSUD Bima

Kota Bima Bimakini.com.-  Merespons banyaknya keluhan masyarakat soal pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bima, Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bima Rabu (30/1) memantau dan mengevaluasi lembaga kesehatan itu. Delapan anggota Komisi IV secara bergantian memasuki sejumlah ruang perawatan pasien dan apotek. Mereka diterima Kepala Bidang Keperawatan, Hj. Siti Rosni, dan Kepala Bidang Pelayanan, Heru Joko S.

Kepada Bimakini.com, Ketua Komisi IV, Ahmad, SP, mengatakan  pematauan dan pengevaluasian tersebut untuk merespons berbagai keluhan masyarakat soal  pelayanan dan kekurangan fasilitas, selain itu untuk mengetahui penggunaan angggaran belanja tahun 2012. Ahmad mengaku dalam kunjungan tersebut melihat langsung kondisi RSUD, proses pelayanan, dan kelengkapan sarana.

Dia menilai, ada peningkatan pelayanan dibanding beberapa tahun sebelumnya. Begitu juga halnya dengan manajemen kepegawaian dan keuangan. “Kita lihat dari sisi manajemen ada peningkatan, tetapi harus terus ditingkatkan. Sementara alat yang kurang sudah tersedia,” ujarnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

    Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Pelayanan, Heru Joko S, mengaku pihaknya sedang serius membenahi manajemen pelayanan.  Hasilnya mulai terasa, meski belum begitu nyata karena membutuhkan waktu.  Tetapi, diakuinya, mengubah paradigma pelayanan yang selama melekat tidaklah mudah. Tetapi, pihaknya akan terus berupaya memenuhi keinginan masyarakat tersebut.

       “Kami akui ada kelemahan pelayanan di sini. Tetapi, kami akan terus berupaya meningkatkannya,” ujarnya.

Heru berjanji peningkatan pelayanan ini akan dilakukan pada semua sisi. Bukan saja pelayanan langsung pada para pasien yang  sakit, tetapi termasuk pada para pengunjung dan keluarga pasien. Hal yang berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan pengunjung, merupakan satu di antara prioritas penanganan seperti pengaturan jam besuk dan penjagaan.  Termasuk masalah parkir kendaraan bermotor.

Menurutnya, banyaknya kendaraan bermotor yang diparkir di halaman RSUD Bima menyebabkan lalulintas kendaraan  pelayanan kadang terhambat. Pihaknya meminta agar DPRD mengupayakan agar berkomunikasi dengan pengelola parkir dan memindahkan lokasi parkir dari halaman RSUD Bima.   

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Anggota Komisi IV, Ilham Yusuf, SH, mengaku dalam kunjungan tersebut secara khusus meminta kepada Kepala Bidang Pelayanan  agar selalu meningkatkan pelayanan dan tidak memandang status ekonomi dan sosial pasein. Karena satu di antara misi  Rumah Sakit adalah pelayanan  terbaik  pada semua pasien, tanpa diskriminasi.

Menurut duta PKS ini, satu di antara unsur pelayanan yang terkadang diabaikan adalah keramahan dan ketulusan para petugas.  “Senyum tulus dan sentuhan lembut dari paramedis akan meringankan beban pasien dan keluarganya,” ujarnya.

Dia pun meminta agar para perawat berlatih dan membiasakan senyum pada pasien. “Meski di rumah atau keluarga lagi ada masalah, tetapi ketika sedang melayani pasien sebisa mungkin tersenyumlah. Apalagi senyum itu adalah ibadah,” pungkasnya. (BE.14)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

CATATAN KHAS KMA

  ‘’SAYA mau tes daya ingat pak KMA,’’ katanya kepada saya suatu waktu. KMA itu, singkatan nama saya. Belakangan, semakin banyak kawan yang memanggil...

CATATAN KHAS KMA

SAYA belum pernah alami ini: handphone tidak bisa dipakai karena panas. Bukan hanya sekali, Tetapi berkali-kali. Juga, bukan hanya saya, tetapi juga dua kawan...

CATATAN KHAS KMA

CATATAN Khas saya, Khairudin M. Ali ingin menyoroti beberapa video viral yang beredar di media sosial, terkait dengan protokol penanganan Covid-19. Saya agak terusik...

Berita

SEPERTI biasa, pagi ini saya membaca Harian  BimaEkspres (BiMEKS) yang terbit pada Senin, 10 Februari 2020. Sehari setelah perayaan Hari Pers Nasional (HPN). Mengagetkan...

CATATAN KHAS KMA

ADALAH Institut Perempuan untuk Perubahan Sosial (InSPIRASI) NTB pada 7 Desember 2019 lalu, mencanangkan gerakan Save Teluk Bima. Kegiatan dua hari itu, menjadi heboh...