Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

LPj Belum Tuntas, ADD Tahap II tetap Dicairkan

Kepala DPMD Kabupaten Bima, Drs Sirajudin, MM

Bima, Bimakini.- Sebanyak 86 desa dari 191 desa di Kabupaten Bima belum menyelesaikan Laporan Pertanggungjawaban (LPj) Alokasi Dana Desa (ADD) dan DDA tahap I tahun 2017. Namun, pencairan tahap II tetap dilakukan.

Kepala DPMDes Kabupaten Bima, Drs Sirajudin, membenarkan pencairan dana tahap II pada 86 desa dari 191 desa di Kabupaten Bima, meski belum menyelesaikan LPj tahap I.

“Pencairan tahap kedua ke-86 desa tersebut tanpa sepengetahuan saya,” akunya.

Terkait persoalan itu, dia menolak bertanggung jawab. “Karena saya tidak pernah mau menandatangani pencairan tahap kedua, jika LPj tahap pertama belum diselesaikan,” tegasnya.

Dia mengatakan, selalu mengedepan asas kehati-hatian untuk menjaga para pihak dari jeratan hukum. “Itu sudah sesuai aturan, kita tidak mau mengambil risiko,” ucapnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dia menyebutkan, ada oknum bawahan yang bermain, sehingga dana tahap kedua sebesar 40 persen bisa dicairkan dan setelah ditelusuri, pencairan atas persetujuan Kabid Pemdes, FS.

“Yang bersangkutan peroleh balas jasa dari setiap desa yang dibantu tersebut. Persoalan ini akan dilaporkan ke bupati,” sebutnya.

Setelah pencairan tahap kedua, jelasnya, sebanyak 30 desa telah menyelesaikan SPj, tetapi masih ada 56 desa yang belum menyampaikan LPj hingga Kamis (29/3) lalu.

“Saya tidak paham dan tidak habis pikir, bagaimana mereka mencairkan dana tanpa sepengetahuan saya,” herannya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Kabid Pemdes DPMDes Kabupaten Bima, FS, yang hendak dikonfirmasi via telepon tidak berhasil karena handphone yang bersangkutan dalam keadaan tidak aktif. (PUL)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Pihak DPMDes Kabupaten Bima diduga terlibat pengadaan Alat pelindung Diri (APD) seperti masker, alat cuci tangan dan lainnya di tiap desa dengan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kepala Desa (Kades) Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, Suaidin SH membantah semua tuntutan sekelompok masyarakat yang mengatasnamakan diri Aliansi Masyarakat Peduli Desa...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Tuntut transparansi Dana Desa Tahun 2020, Aliansi Masyarakat Peduli Desa Rasabou (Ampera) gedor kantor desa setempat, Kamis (18/3), sekitar pukul 09.43 Wita....

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Kabupaten Bima, menerapkan mekanisme dan sistem kerja berdasarkan Peratuaran Menteri Keuangan (PMK) 50 di tengah pandemi...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa memiliki aturan yang jelas.  Ada prosedur, norma dan standar hukum. PP 43 tahun 2014 pasal 70 dan...