Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Bupati: Hati-Hati, Pengelolaan ADD Dipantau KPK

Bupati Bima saat rapat terbatas dengan Camat di ruangan VIP Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima.

Bima, Bimakini.- Bagi para pelaksana Alokasi Dana Desa (ADD) agar bersikap hati-hati. Penggunaan dana itu bisa menjerumuskan pengelolanya ke penjara jika tidak sesuai petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan. Nah, Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, kembali mengingatkannya agar diperhatikan.

Disampaikannya, saat ini pengelolaan  ADD langsung dipantau oleh pihak Kementerian Desa (Kemendes) RI dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Oleh karena itu, harus berhati-hati mengelolanya.

“Seperti diketahui bersama melalui tayangan sejumlah media televisi dan media lain, bahwa pengelolaan ADD  langsung dipantau dan menjadi perhatian khusus Kementerian Desa dan KPK,” ujar Bupati saat memimpin rapat koordinasi terbatas dengan 18 Camat  di ruangan VIP Bandara Sultan Muhammad Salahudin Bima, Senin (21/08) siang lalu.

Mengacu pada hasil evaluasi yang dilakukan dalam dua tahun terakhir, diakui Bupati, pengelolaan ADD  masih memiliki kelemahan pada aspek Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola.  Oleh karena itu, perlu   pemetaan kasus yang terjadi dan desa mana saja yang masih memiliki kelemahan untuk  pendampingan dan peningkatan kapasitas SDM. “Tujuannya  agar mampu optimal dan transparan mengelolanya,”  jelasnya dikutip Kabag Humaspro Setda, Armin Farid, SSos.

Diingatkan Bupati, para Camat memiliki peran strategis dalam mencari solusi terhadap munculnya masalah dalam pengelolaan ADD. Fakta munculnya beberapa masalah dalam pengelolaan ADD, para Camat  diimbau terus mengingatkan  Kades  agar mengelola dana desa secara tertib.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Camat perlu  sosialisasi  lebih menyeluruh kepada Kades dan seluruh elemen  tingkat desa agar memiliki pemahaman yang sama dalam pengelolaannya,” harapnya.

Dipastikannya, Pemerintah Daerah terus berupaya mendorong optimalisasi peran  dan fungsi Camat dalam menangani permasalahan keamanan, ketertiban, dan ketenteraman di masing-masing wilayah demi terwujudnya kondisi Bima yang kondusif dan RAMAH.

Rapat  koordinasi terbatas dengan Camat  itu,  Bupati didampingi Wakil Bupati H Dahlan, Dandim 1608/Bima, Kapolres Bima, Kapolresta dan  Sekda Kabupaten Bima. (BK29)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kepala Desa (Kades) Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, Suaidin SH membantah semua tuntutan sekelompok masyarakat yang mengatasnamakan diri Aliansi Masyarakat Peduli Desa...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Tuntut transparansi Dana Desa Tahun 2020, Aliansi Masyarakat Peduli Desa Rasabou (Ampera) gedor kantor desa setempat, Kamis (18/3), sekitar pukul 09.43 Wita....

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Belasan warga yang tergabung dalam Ikatan Pemuda Rade Satu (Iparasa) Desa Rade mendesak transparansi anggaran kegiatan fisik pagarnisasi desa setempat. Karena dalam...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.-  Di Tahun 2020, Dana Desa harus mampu dihabiskan atau dibelanjakan sesuai yang tertuang dalam APBDes di tahun tersebut. Sebab tidak ada lagi...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Raport merah perencanaan dan penganggaran Kota Bima dari KPK RI Tahun 2019 dinilai akibat dari tidak objektif dan  partisipatif serta terbukanya...