Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Balon Perlu Hindari Daftar di Injury Time

Kepala Biro Teknis dan HupMas KPU RI, Nur Syarifah saat acara Sosiaisasi Tahapan Pemilu 2019, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bima 2018 di aula Hotel Mutmainnah, Ahad (24/12).

Kota Bima, Bimakini.- Figur Bakal Calon (Balon) Wali Kota dan Wakil Wali (Pilwali)  Kota Bima 2018, disarankan untuk mendaftar diawal dan menghindari injury time. Jika ada kekurangan, maka masih memiliki kesempatan untuk memerbaikinya.

Ha itu disampaikan Kepala Biro Teknis dan HupMas KPU RI, Nur Syarifah saat acara Sosiaisasi Tahapan Pemilu 2019, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bima 2018 di aula Hotel Mutmainnah, Ahad (24/12).

“Sebaiknya calon mendaftar saat pertama, kalau terakhir sulit waktu untuk memenuhi syarat jika ada kekurangan. Kalau pertama masih ada kekurangan, masih ada waktu dua hari untuk melengkapinya,” ujarnya.

Pendaftaran sendiri, kata dia, akan dimulai 8 hingga 10 Januari 2018. Ada kasus dimana calon mendaftara dipenghujung penutupan masa pendaftran, karena ada kekurangan dan tidak ada waktu lagi melengkapinya sehingga dinilai Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Ha lain yang perlu diperhatikan baka pasangan calon, kata dia, saat pemeriksaan kesehatan. Sebelum pengambilan sample darah, maka berpuasa 8 jam sebelumnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ada juga tes kejiwaan. Saat test ini, diingatkannya, sebaiknya para figure tenang dan tidak panik. “Tes kejiwaan itu kemampuan mengelola amarah dan emosi tentang tanggungjawab, bukan karena gila. Tetapi tidak punya kemampuan mengelola emosi,” ujarnya.

Jika tidak bisa melewati test kejiwaan ini, kata dia, maka dinyatakan TMS. Sudah ada contoh caon kepala daerah yang gugur karena tidak lolos test kejiawaan. (IAN)

Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Ketua KPU Kota Bima,  Bukhari, SSos meminta jangan ada pembunuhan karakter terhadap dirinya.  Tudingan  bawah dirinya menerima suap dari salah satu...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Massa dari Gerakan Masyarakat Pilkada Jujur dan Adil Kota Bima, menyorot adanya dugaan tidak independennya lembaga penyelenggara, yakni KPU dan Panwaslu....

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Bima, menerima laporan dugaan tindak pidana pemilihan (Tipilih). Laporan itu disampaikan Al Imran, selaku kuasa...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Data C1 dari 249 TPS sudah masuk ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima. Data C1 itu langsung dimasukkan dalam webside...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Hasil rekepitulasi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Mpunda,  Pasangan Calon (Paslon) Lutfi-Feri unggul dibandingkan paslon lainnya. PPK  Mpunda termasuk cepat melakukan rekepitulasi...