Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Pemdes Ncandi Rencanakan Bangun Polindes

Dewi Yuliati, SSTP

Bima, Bimakini.- Tahun 2018 ini, Desa Ncandi akan memiliki Pondok Bersalin Desa (Polindes).  Hal itu baru terwujud setelah beberapa tahun Desa Ncandi mekar dari Desa Monggo.

“Insya Allah kita akan wujudkan pembangunan Polindes tahun 2018 ini. Untuk anggaran pembangunannya masuk pada kegiatan visik dana desa tahap III (tiga) sebesar Rp. 107 juta,” ujar Sekdes Ncandi, M Saleh S Sos, Selasa (2/10).

Kata dia, pascamekar dari Desa Monggo, belum memiliki Polindes. Sehingga untuk pelayanan kesehatan warga setempat tidak maksimal.

“Kami sepakat memasukan anggaran  pembangunannya dalam APBDes Tahun 2018. Anggaran pembangunan Polindes wajib dimasukan dalam APBDes. Karena kebutuhan mendasar bagi warga,” terangnya.

Dijelaskannya, rencana awal yang telah disepakati, lokasi untuk pembangunan Polindes yakni di Dusun III dekat pegunungan. Namun, sebagian besar lokasi tersebut dinilai tidak layak, lantaran jauh dari pemukiman warga. Sehingga dikuatirkan pelayanan tidak maksimal karena aksesnya lumayan jauh dari permukiman penduduk.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Kami sempat kesulitan menentukan kembali lokasi pembangunan tersebut. Tapi dengan kehadiran Penjabat Kades mampu memberikan solusi. Bahkan beberapa Tim aset dan Tatapem Kabupaten Bima turun ke TKP untuk melihat langsung lokasi pembangunan Polindes,” ungkapnya.

Hasil peninjauan dengan tim, lokasi yang direncanakan untuk pembangunan Polindes yakni berada disamping SDN Inpres Monggo. Lokasi tersebut merupakan aset sekolah setempat. Selain mudah pembebasan lahan, lokasi itu dianggap strategis dan mampu memberikan pelayanan maksimal bagi warga karena letaknya di depan jalan. “Kehadiran Penjabat Kades sangat membantu dalam hal mencari solusi sekaligus mewujudkan harapan kita untuk memiliki Polindes. Dan kita sudah buatkan surat pembesan lahan sebanyak 2 are yakni untuk pembangunan Polindes sekaligus tempat parkir,” pungkas Sekdes.

Sementara itu, Penjabat Kades Ncandi, Dewi Yuliati, SSTP membenarkan usulan warga yang menginginkan lokasi pembangunan Polindes dialihkan dari rencana awal. Dengan keinginan warga tersebut pihaknya langsung menindaklanjuti.

Pihaknya pun bersurat pada UPTD Dikbudpora Madapangga, Dikbudpora Kabupaten Bima, Tatapem dan beberapa dinas terkait terkait untuk pembangunan Polindes di lokasi SDN Inpres Monggo. “Semua tahapan untuk mendapatkan lahan itu sudah dilakukan. Bahkan unsur yang mempunyai komponen untuk itu sudah turun langsung ke lokasi sekaligus menyepaakatinya,” ujar Pj Kades Ncandi.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dia berharap apa yang menjadi harapan warga tersebut bisa terwujud. Sehingga Desa Ncandi bisa memiliki Polindes dengan letak strategis dan mampu memberikan pelayanan maksimal bagi warga. “Semoga ikhtiar ini tersebut terwujud nyata. Sehingga warga mendapat kemudahan terkait pelayanan kesehatan,” pungkasnya. (YAN)

Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Kantor Desa Ncandi, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, diserang warga, Senin (26/9/2022). Pemicunya, dugaan selingkuh salah satu kaur desa setempat. Warga bahkan membakar...

Berita

Bima, Bimakini.- Pemerintah Desa (Pemdes) Ncandi Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima menyorot realisasi Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsismas) yang masuk di...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Setelah mendapat rekomendasi dari Pemerintah Kecamatan Madapangga, Senin (15/3). Kepala Desa (Kades) Ncandi, M. Said H. Mansyur melantik Abidin, S. Pd sebagai...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Warga Desa Ncandi Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima mendesak Camat setempat agar mengeluarkan rekomendasi pelantikan kepada Abidin selaku Kaur Pelaporan dan Perencanaan yang...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Seleksi penjaringan Kaur Perencanaan dan Pelaporan Desa Ncandi Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Madapangga, Ahad (7/2). Dari 5...