Peristiwa

Kapolres Bima Rayakan HUT ke-73 Bhayangkara di Puncak Gunung Tambora

Bima, Bimakini.- Menyambut HUT ke-73 Bhayangkara, Kapolres Bima AKBP Bagus S Wibowo, SH, SIK, didampingi sejumlah perwira dan anggota Polres Bima, melakukan pendakian Gunung Tambora Kabupaten Bima, Ahad (23/6). Kegiatan yang tidak lazim dilakukan itu, bertujuan  agar gelor semangat Bhayangkara seperti sebesar Gunung Tambora yang tertinggi di pulau Sumbawa.

Tahun sebelumnya tepatnya 2018 lalu, Kapolres Bima AKBP Bagus S Wibowo, SH, SIK, pernah menjadwalkan kegiatan pendakian Gunung Tambora. Tidak lain  karena ingin mengucapkan HUT ke-72 Bhayangkara di atas puncak yang memiliki kaldera konon katanya terbesar di dunia.

“Tahun lalu saya sudah merencanakan, bahkan saya sudah ada di Tambora bersama Wakil Bupati Bima Drs. Dahlan M. Noer, M. Pd, dan  trabaser di Bima, untuk melakukan pendakian di jalur Piong Kecamatan Sanggar Kabupaten Bima, dalam rangka menyambut HUT ke-72 Bhayangkara, tapi batal naik karena saya ada panggilan dinas secara mendadak untuk menghadap di Polda NTB,” terang Bagus kepada bimakini.com yang ikut dalam pendakian itu, Selasa (25/6).

Pascakegagalan itu, puncak Tambora menjadi bagian dari mimpinya. Seiring berjalannnya waktu melaksanakan tugas Negara dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, akhirnya dapat terwujud.

“Saya berusaha maksimal dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukum saya pimpin, tapi saya juga selalu mengkhayal gunung Tambora yang tertinggi di pulau Sumbawa, karena tahun lalu sudah gagal untuk mengucapkan menyambut hari kebesaran Polri ini,” katanya.

Kata dia, banyak rangkaian kegiatan sosial yang digelar oleh masing-masing Satres di Polres Bima. Namun salah satu rangkaian kegiatan yaitu mengucapkan di puncak Gunung Tambora.

“Kami memilih puncak gunung Tambora sebagai lokasi mengucapkan selamat hari Bhayangkara, tentu ada pertimbangan yang memiliki nilai positif dan gelora semangat dengan impian kami di Polres Bima,” ujarnya.

Kata dia, tentu apa yang dilakukan harus meyesuaikan dengan nilai kearifan lokal dengan mendatangi wilayah-wilayah bernilai sejarah dan menjadi kebanggaan Kabupaten Bima.

“Pertimbangan pertama saya, karena Gunung Tambora adalah ikon kebesaran pulau sumbawa khususnya Kabupaten Bima. dengan mengucap hari Bhayangkara di puncak, kami berharap gelora semangat kami di hari ke-73 Bhayangkara kali ini, sama dengan kebesaran gunung tambora sebagai gunung tertinggi yang ada di pulau sumbawa,” pungkasnya. (MAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 301
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top