Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Aparat Kewalahan Amankan  Kampanye Cakades Rasabou

Bima, Bimakini.-  Saat kampanye terbuka Calon Kepala Desa (Cakades) Rasabou di hari ketiga yakni Cakades Nomor Urut 3, Julkisman, SH, Senin (9/12), unsur keamanan TNI Polri, yakni Babinsa dan Bhabinkamtibmas kewalahan mengatur kampanye. Terlebih saat massa simpatisan calon petahana itu berada di ruas jalan lintas Bima Dompu mengakibatkan macet total.

Pantauan di lapangan, kondisi ini terjadi karena kurangnya personel dari unsur keamanan Kecamatan Bolo yang dilibatkan. Sehingga para simpatisan Cakades susah diatur dan mengakibatkan kemacetan total di jalan lintas Bima Dompu.

Warga Rasabou, Hasan, mengungkapkan, mestinya hajatan kampanye ini membutuhkan peran serta semua pihak, sehingga kegiatan berjalan aman, lancar dan terkendali. “Kita kasihan sama Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Harusnya ada Sat Pol PP Bolo yang dilibatkan ikut mengawal tahapan kampanye,” tutur Hasan.

Lanjut dia, terkait hal ini pemerintah kecamatan harus evaluasi kembali karena dikuatirkan muncul masalah. “Pemerintah jangan hanya berharap Pilkades dapat dilaksanakan dengan sukses. Tapi jika pola yang dilakukan seperti ini, kesuksesan Pilakdes hanya sebuah mimpi,” terangnya.

Dirinya berharap, Camat Bolo segera mengambil sikap untuk mengevaluasi sekaligus menempatkan Sat Pol PP untuk mengawal tahapan kampanye di desa setempat. “Kita tidak tahu apakah Pol PP diberi tugas mengawal kampanye atau tidak. Yang jelas saat ini Pol PP belum nongol batang hidungnya,” pungkas Hasan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Camat Bolo, Mardianah, SH, membantah jika tahapan kampanye Pilkades tidak melibatkan Pol PP. Karena kata dia, sebelum pelaksanaan kampanye, Sat Pol PP sudah diberi tugas di setiap desa yang melaksanakan Pilkades. “Kita sudah beri tugas pada Pol PP untuk kawal kampanye di delapan desa yang ikut Pilkades serentak. Hal itu berdasarkan hasil rapat pembagian tugas sebelum pelaksanaan kampanye di setiap desa,” tangkisnya.

Khusus di Desa Rasabou, lanjut dia, sudah menempatkan dua personel Pol PP untuk mengawal kampanye. Hanya saja, lanjutnya, karena keadaan mendesak  Sat Pol PP yang tugaskan di Rasabou tidak bisa hadir. “Sat Pol PP yang diberi tugas di Desa Rasabou ada keluarganya yang sakit keras. Sedangkan rekannya ikut pengamanan kunjungan Wakil Gubernur (Wagub),” ucapnya.

Lebih lanjut kata Camat, bukan saja tahapan kampanye, tahapan lain hingga pencoblosan kita sudah tempatkan Sat Pol PP untuk memberikan pengawalan. “Kalau Sat Pol PP tidak dilibatkan pada suksesi Pilkades. Itu semua hoaks, jangan dipercaya,” tutupnya. (KAR)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Sebelumnya diberitakan terkait sumur bor yang berlokasi di sekitar area pembangunan relokasi rumah dampak banjir di Desa Tambe, Kecamatan Bolo ditulis polemik...

Peristiwa

Bima, Bimakini.-  Ada dugaan Bank NTB Unit Bolo  “mengendapkan” gaji aparatur desa. Hal itu diketahui setelah Pemerintah Desa (Pemdes) dan Lembaga Desa, Rasabou, Kecamatan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Petani So Mbadu Desa Rasabou, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima menyegel sumur bor dalam yang berlokasi di sekitar perumahan relokasi dampak banjir, Ahad...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Agenda peresmian Puskesmas Bolo yang dilakukan oleh Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, Rabu (23/2) bersamaan dengan deklarasi Open Defecation Free...

Olahraga & Kesehatan

Bima, Bimakini.- Pemerintah Desa (Pemdes) Rasabou, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima berhasil menekan angka stunting. Untuk tahun 2020 stunting berada di angka 54 persen dan...