Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Tingkatkan Kualitas Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Dompu Gandeng Aktivis Hingga Pers

Suasana pembukaan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif pada Pemilu tahun 2024 di Caffe Laberka, Kelurahan Bali, Kamis (03/11/2022) siang.

Dompu, Bimakini. – Upaya meningkatkan mutu dan kualitas pengawasan partisipatif dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 mendatang, Bawaslu Kabupaten Dompu menggandeng sejumlah aktivis, pemuda, mahasiswa hingga media massa.

Hal tersebut terlihat dalam acara Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif yang dilaksanakan Bawaslu Kabupaten Dompu di Caffe Laberka, Kelurahan Bali, Kamis (03/11/2022) siang.

Selain aktivis perempuan, pemuda, mahasiswa dan insan pers, Bawaslu juga menggandeng organisasi pemuda seperti KNPI, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Ketua Disabilitas, tokoh masyarakat serta Ketua Pramuka Kwartir Cabang Dompu agar berpartisipasi dalam pengawasan pemilu 2024.

Koordinator Devisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kabupaten Dompu, Wahyudin, S.Pd., menyampaikan bahwa sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif dengan melibatkan aktivis perempuan, pemuda, mahasiswa, insan pers, KNPI, LSM, Ketua Disabilitas, tokoh masyarakat serta Pramuka tersebut sebagai upaya meningkatkan mutu dan kualitas pengawasan pemilu partisipatif.

Dia berharap agar seluruh elemen tersebut turut berperan aktif terutama ikut memastikan proses tahapan-tahapan Pemilu dengan cara mengumpulkan data, informasi serta menginventarisasi temuan kasus terkait pelaksanaan Pemilu. Terhadap data maupun temuan dugaan pelanggaran pemilu itu kemudian dapat disampaikan atau dilaporkan kepada Bawaslu.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Katanya, aktivitas masyarakat seperti itu sangat penting agar terselenggaranya proses Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Sehingga hasilnya dapat diterima oleh semua pihak baik peserta Pemilu maupun masyarakat secara luas.

“Inilah output yang kita sama-sama harapkan. Untuk itu, mari kita sukseskan pemilu 2024 dengan melakukan pengawasan pemilu partisipatif,” ajaknya.

Usai acara sosialisasi pengawasan partisipatif pada pemilu 2024 dibuka secara resmi, dilanjutkan dengan penyampaian materi dari anggota KPU Kabupaten Dompu, Agus Setiawan SH tentang pengawasan partisipatif dan masalah hukum pemilu. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh mantan Ketua KPU Kabupaten Dompu periode 2014 – 2019 Rusdyanto, ST.

Pada momentum tersebut, sejumlah aktivis perempuan, pemuda, mahasiswa, insan pers, KNPI, LSM, tokoh masyarakat serta pramuka berkomitmen untuk terus bergandengan tangan dengan Bawaslu agar bersama-sama melakukan pengawasan partisipatif. Terutama melibatkan diri secara aktif menjadi pengawas partisipatif di seluruh tahapan Pemilu serentak tahun 2024 mendatang. AZW

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemilu Serentak 2024

Dompu, Bimakini. – Upaya mematangkan pelaksanaan pengawasan tahapan Pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Dompu kembali menggelar Rapat Konsolidasi Pengawasan Tahapan Pemilu 2024 di Caffe Laberka,...

Opini

Oleh Suherman. Sabtu, 29 Oktober 2022 bertempat di aula Hotel Tursina, penulis menjadi narasumber pada acara rapat konsolidasi pengawasan tahapan pemilu Bawaslu Kabupaten/Kota dan...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Upaya terwujudnya kualitas dan efektivitas pengawasan pada jajaran Sekretariat dan alumni sekolah kader partisipatif pengawas, Bawaslu Kabupaten Dompu melakukan fasilitasi penguatan...

Politik

Dompu, Bimakini. – Bawaslu Kabupaten Dompu melakukan sosialisasi dan launching pengawasan partisipatif dan anti politik uang di Kelurahan Kandai Satu, Kecamatan Dompu, Rabu (28/09/2022)...