Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Kapolres dan Kades Renda Ajak Warga Jaga Kondusifitas

Silaturrahmi Kapolres dengan tokoh masyarakat Desa Renda.

Bima, Bimakini.- Kepala Desa (Kades) Renda, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima, Lukman, SE   mengajak  para tokoh agama ,  masyarakat dan pemuda agar menjaga stabilitas keamanan. Apalagi akhir-akhir ini sering terjadi kasus penjambretan dan kasus  pencurian sepeda motor  di perbatasan Desa Renda dan Desa Ngali.

Ajakan itu disampaikan Kades Renda saat silaturrahmi Kapolres Bima dan sejumlah komponen di Masjid Al Ikhlas Renda, Rabu (30/1).

Hadir Kapolres Bima, AKBP Bagus S. Wibowo S.IK, SH,  Kapolsek Belo IPDA I Kadek Sumertha, SH,  Ka Subbag Humas, IPTU Hanafi,  Kasubbag Hukum IPTU  Juanda,  Ka Siwas IPTU Jufri.

Dikatakan Lukman, terkait sering terjadinya kasus  tersebut, maka meminta dukungan seluruh lapisan masyarakat  untuk membantu aparat kepolisian untuk mencegah dan  menangkap pelaku .

Kapolres Bima AKBP Bagus S. Wibowo  menyampaikan, kehadirannya terkait masalah yang terjadi Selasa (29/1) yang menyebabkan jatuhnya korban   warga Desa Ngali  dan aparat Kepolisian .

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Saya sangat sedih dan prihatin dgn kejadian yang terjadi di Desa Renda pada hari Selasa 29 Januari  2019,  sehingga salah satu  saudara kita warga Desa Ngali  di hakimi dan dibacok sehingga menderita  beberapa luka robek pada bagian kepala. Korban tersebut belum  mengetahui apa kesalahan yang diperbuat,” ujarnya.

Lanjutnya, yang paling menyedihkan lagi, saat aparat Kepolisian  tiba di TKP dengan tujuan menyelamatan korban dari  amukan massa  , warga Desa Renda menghadang dengan melempar dengan batu ke arah petugas.  Sehingga  tiga personel Polres Bima menjadi korban lemparan batu dan sekarang di rawat di RSU Bima.

“Karena  luka di kepala dan 1 personel menderita  tulang rahangnya diduga  pecah, bergeser  dan rencananya akan di rujuk ke Mataram,” ujarnya.

Disampaikannya, dari kejadian  tersebut aparat kepolisian selalu disalahkan dan menjadi korban. Padahal kehadiran kepolisian semata mata untuk menyelamatkan jiwa orang .

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Tapi itu semua  sudah menjadi resiko tugas kami selaku aparat pelindung , pengayom dan pelayan masyarakat serta penegak hukum,” ujarnya.

“Kita  mengetahui  bersama bahwa situasi keamanan di wilayah kita  beberapa bulan terakhir sangat kondusif  sehingga saya sangat mengharapkan peran semua tokoh di Desa Renda agar  tidak   ikut terprovokasi  untuk membuat situasi tidak aman dan jangan selalu gampang menerima isu  yang belum tentu benar,” tambahnya.

Kapolres mengajak untuk mempelajari  kembali  dampak  dari kejadian-kejadian sebelumnya . Seperti konflik antara warga Desa Renda dengan Desa Ngali  ataupun kejadian lainnya .

“Saya mengajak semua pihak , bila ada pelaku perbuatan yang melawan hukum serahkan permasalahannya ke aparat penegak hukum  dan bukan melakukan dengan cara main hakim sendiri atau dengan cara brutal. Mari kita tunjukan peran sebagai tokoh  sehingga  dapat menjadi panutan untuk generasi muda di Desa Renda,” pesannya. (IAN)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Kapolres Bima Kabupaten, AKBP Heru Sasongko, SIK menyambangi keluarga pengendara di Desa Tenga, Kecamatan Woha, yang dipukul oleh anggota Sat Lantas. Pemukulan...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Video kasus lumba-lumba yang terdampar dan dibawa warga di Pantai Niu, Desa Panda, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima, viral dan menjadi atensi banyak...

Berita

Bima, Bimakini.- AD (35) warga Desa Panda, Kecematan Palibelo, Kabupaten Bima harus mendekam di balik jeruji besi lantaran melakukan tindak pidana pencurian di salah...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kapolres Kabupaten Bima, AKBP Gunawan Try Hatmoyo, SIK bersama Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bima, Maman Sulaeman dan Kepala Unit...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kapolres Bima Kabupaten, AKBP Gunawan  Tri Hatmoyo, SIK, membantah, jika salah satu pendemo terkena senjata aparat. Polisi yang bertugas di lapangan tidak ...